Dongeng Bunga Matahari

Semua pasti tahu dengan bunga matahari. Dinamai bunga matahari karena memang nyatanya bunga itu mirip-mirip dengan matahari yang sedang bersinar. Di Yunani, ada sebuah dongeng unik yang mengisahkan asal muasal bunga matahari. Dongeng itu mengisahkan seorang nimfa bernama Clytie yang jatuh cinta kepada sang dewa matahari bernama Helios.

Nimfa dalam mitologi Yunani adalah salah satu kaum dari makhluk legendaris yang berwujud wanita, tinggal di tempat-tempat tertentu dan menyatu dengan alam. Dikisahkan, bahwa Clytie jatuh cinta kepada seorang dewa matahari bernama Helios. Helios setiap hari menjelajah angkasa dengan segala kegagahannya, tanpa mengindahkan Clytie yang sedang jatuh cinta kepadanya.

Namun, rupanya kesetiaan Clytie tak tergoyahkan. Dia rela memandangi Helios mulai pagi hingga malam menjelang. Sedetik pun tak mau berpaling dari Helios. Sepanjang malam, Clytie tak berpindah tempat dan menunggu pagi untuk melihat Helios menjelajah angkasa lagi. Dia melakukan itu selama delapan hari delapan malam tanpa makan, minum ataupun tidur demi kesetiannya pada Helios. Namun Helios tak sedikitpun membalas cintanya.

Tepat di hari ke sembilan, sebuah keajaiban terjadi. Dari kaki Clytie tumbuh akar dan tubuhnya berubah menjadi baang tanaman. Wajahnya perlahan-lahan berubah menjadi bunga yang anggun, yang selalu menghadap matahari.

Itulah kisah cinta Clytie, seorang nimfa yang berubah menjadi bunga matahari.

Perjuangan sang bunga matahari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: